Kamis, 27 Februari 2020

Menghadapi Korupsi-Politik: Antara Tantangan, Dilema dan Harapan*


(Korupsi Politik Dapatkah Diberantas Habis ? –
Suatu Pemikiran Awal untuk Diskusi)



Pengantar
Permintaan kepada saya adalah makalah dengan judul “Kejahatan Politik, Money Politik dan Parpol sebagai Entitas Politik dalam Perspektif Kriminologi”.Terus terang saya bingung dengan judul ini (mohon maaf kepada Panitia !), karena itu saya mengunakan saja sebagai judul tema Pelatihan/FGD ini dengan tambahan sub-judul tersebut di atas.

Terminologi dan Tipologi
Saya ingin menjelaskan dahulu pengertian saya dalam makalah ini. Ada perbedaan dan persamaan antara “korupsi politik” (political corruption) dengan “korupsi (dalam) birokrasi” (bureaucratic corruption). Persamaan kedua-duanya merupakan perbuatan di mana salah satu pihak mempunyai “kekuasaan” (political power) yang menentukan. Perbedaannya adalah dalam korupsi-politik, maka transaksi illegal yang terjadi menyangkut kehendak memperluas atau mempertahankan “kekuasaan politik” salah satu pihak[1]. Sedangkan dalam korupsi birokrasi transaksi illegal tersebut lebih merupakan usaha salah satu pihak untuk “membayar” kepada pihak “birokrasi” untuk lepas dari kesulitan (misalnya dalam perkara di pengadilan) atau sebagai tanda terima kasih atas jasa yang diberikan pejabat birokrasi (misalnya dalam mengurangi pajak yang seharusnya dibayar).

Korupsi birokrasi adalah sederhana dalam transaksinya, umumnya berupa suap (bribery), penggelapan (embezzlement), manipulasi tender (bidrigging), manipulasi harga (price fixing) dan kegiatan lain yang serupa. Tujuannya adalah salah satu pihak (pengusaha swasta) mendapat keuntungan bisnis atau terhindar dari kesulitan, dengan membayar kepada pihak birokrasi agar melanggar sumpah jabatannya atau etika profesinya (misalnya dalam pemberian ijin bisnis atau menutup mata atas pelanggaran). Termasuk dalam kategori ini juga adalah pemberian suap kepada aparat penegak hukum (polisi – jaksa – dan hakim) yang dapat dilakukan juga oleh atau melalui kantor advokat atau kantor notaris..

Korupsi politik lebih rumit dan umumnya memang berkaitan dengan kekuasaan yang akan diperoleh di dunia politik, baik untuk mempertahankan kekuasaan politik yang telah diperolehnya atau untuk memperluasnya. Dalam negara modern dan berpemerintahan demokratik, maka transaksi disini akan melibatkan juga partai politik. Bentuknya adalah berupa “membeli suara dalam pemlihan umum” (vote buying). Transaksi di sini akan berupa yang sederhana, dengan “menyebarkan dana” kepada para calon pemilih/pemilik suara. Tetapi dapat juga dengan cara yang lebih rumit, berupa mencari sumbangan “dana-besar” (political contribution) dari perusahaan-perusahaan dengan janji akan dibalas/dibayar dikemudian hari melalui pemberian ijin melaksanakan proyek-proyek yang didanai oleh anggaran pemerintah. Contoh yang baru terjadi tahun ini adalah yang dikenal sebagai “Ibiza Scandal” di Austria.[2]

Kombinasi antara kedua macam korupsi ini adalah bilamana korupsi birokrasi dilakukan untuk menghasilkan keuntungan dana (besar) yang akan dipakai dalam kegiatan partai politik, terutama dalam memperoleh lebih banyak suara dalam pemilihan umum. Tujuan melanggengkan kekuasaan atau memperluas kekuasaan politik ini menjadikannya (juga) korupsi politik.

Apakah korupsi politik adalah kejahatan politik ?
Jawabannya Ya dan Tidak ! Dijawab Ya, kalau kita menafsirkan “kejahatan politik” dalam arti luas. Disini semua kejahatan yang melibatkan langsung atau tidak langsung unsur politik, seperti “membeli suara”, atau “mengintimidasi calon pemilih/pemberi suara” atau “menyebarkan berita-bohong/palsu tentang lawan politik” atau kegiatan lain yang serupa dengan ini, dinamakan kejahatan politik. Tetapi dijawab Tidak, kalau kita menafsirkan “kejahatan politik” secara sempit. Disini pelaku akan “menyerang” nilai-nilai yang diangapnya tidak sesuai dan ingin diubahnya. Bentuk umumnya adalah kejahatan yang menyangkut keamanan negara atau kepala negara atau tamu negara/kepala negara asing dimaksudkan sebagai kejahatan politik (intinya adalah perebutan kuasa-politik). Saya menafsirkan dalam arti sempit, karena itu saya berpendapat “korupsi-politik” bukan “kejahatan politik”, tetapi dapat dimasukkan dalam “kejahatan ekonomi” (economic crimes) atau kejahatan yang menyangkut harta-benda (property crimes). Kenapa ? Karena inti dari kejahatan ini adalah sifatnya untuk memperoleh kekuasaan yang membawa keuntungan kekayaan/harta benda (jadi bersifat ekonomi).[3]

Dapatkah korupsi politik diberantas habis (eradicated) ?
Disinilah letak “tantangannya”, “dilemanya”, dan “harapannya”. Karena fokus makalah adalah pada “korupsi politik”, maka kita harus menempatkan diri kita pada suatu masyarakat demokratik yang mempunyai lebih dari satu partai politik. Partai politik perlu, karena merupakan organisasi yang (masing–masing) diharapkan  memperjuangkan pemikiran/aspirasi dalam masyarakat tentang bentuk dan cara “mensejahterakan rakyat” (bagi saya inilah dasar dari “ideologi-partai”). Memang seharusnya partai (-partai) politik membutuhkan “kekuasaan-politik” untuk dapat merealisasikan ideologi-partainya. Kekuasaan-politik ini diperoleh melalui pemilihan umum (pemilu) untuk menempatkan wakilnya di lembaga legislatif pusat (DPR dan DPD) dan daerah (DPRD) atau dalam jabatan tertentu (Presiden, Gubernur dan Walikota serta Bupati). Untuk itu masing-masing partai politik memerlukan “dana untuk kampanye” (menyebarkan program kerja dan mengumpulkan pendukung). Disinilah sumber terjadinya “transaksi” keuangan dengan kekuasaan (money politics) yang kita sebut juga “korupsi-politik”.. Makin banyak partai, maka makin “keras” persaingan antar calon partai dan kemungkinan “transaksi” dengan modus “korupsi-politik “ juga akan makin besar jumlahnya. Bagi saya, tantangannya adalah pada tahap pertama: “menyederhanakan partai politik” dalam arti mengurangi jumlahnya.[4] Tahap berikutnya (kedua) adalah memutus “mata rantai korupsi politik” dengan membiayai (seluruh atau sebagian) “dana kampanye” calon-calon partai dari anggaran pemerintah (APBD)[5]. Tetapi saya perkirakan dilemanya (dalam arti: suatu keadaan sulit dan membingungkan) adalah pada  kemauan partai-partai politik untuk menyederhanakan sistem politik kita, karena akan dianggap sebagai mengurangi kebebasan berekspresi dan turut serta dalam mengatur negara melalui partai politik. Seandainya tantangan dan dilema diatas dapat diatasi (ingat dalam rejim Orde Baru kita hanya punya tiga partai politik: Golkar – PPP –dan PDIP), maka apakah dapat diharapkan korupsi politik terberantas habis ? (harapan kita !!!).   

Sampai di sini saya hanya memakai nalar dalam pemikiran saya, mempergunakan pandangan bahwa inti perbuatan korupsi adalah di mana para pejabat publik memanfaatkan kedudukan privilese mereka untuk memperoleh keuntungan ekonomi (economic gain). Dibawah ini saya akan coba membahas pertanyaan dan harapan tersebut dalam persepektif kriminologi (seperti diminta oleh panitia FGD).

Memberantas kejahatan atau memberantas perilaku melanggar norma
Bila melihat melalui pendekatan kriminologi, maka semua perilaku yang kita namakan “kejahatan” (crime) adalah pada dasarnya perilaku “penyimpangan norma-sosial” (social deviant behavior). Dan norma-sosial itu itu tentu dapat berbeda dalam berbagai kelompok masyarakat. Demikian juga apa yang dilarang disuatu negara, mungkin dibenarkan dalam negara lain (misalnya penggunaan narkotika). Meskipun terdapat banyak perilaku yang secara universal diterima sebagai kejahatan/perilaku melanggar norma-sosial (misalya: penganiayaan, perkosaan, pembunuhan, pencurian dsb-nya), tetapi sering perilaku ini berbeda unsur-unsurnya untuk dapat dipidana. Relatifitas dari pelanggaran norma-sosial[6] ini dikatakan dapat disebabkan antara lain oleh: 1)terdapat norma-sosial yang berbeda (mungkin pula bertentangan) yang mengatur hubungan antar manusia dalam berbagai kelompok masyarakat (contoh untuk ini adalah memberi fee kepada broker Bursa Efek adalah normal, tetapi “fee” kepada ASN adalah korupsi (facilitatingpayment); dan 2)hubungan antara “penilai” dan “pelanggar” menentukan pula apakah perilaku tersebut dipandang sebagai penyimpangan dan tentang derajat keseriusannya (contoh untuk ini adalah berbeda persepsi tentang demonstrasi pelajar dan mahasiswa di Jakarta September 2019 yang lalu)[7].

Untuk korupsi-politik masalah relatifitas ini memang tidak terlalu “menggangu” persepsi masyarakat, karena masyarakat dapat menghayati efek negatifnya untuk pengembangan demokrasi dan pembangunan ekonomi, tetapi tetap kenisbian ini dapat dipergunakan oleh pelaku untuk “menghindari” rasa-salah. Dalam teori kriminologi dari mashab kritikal, dikenal pendekatan “interaksionis” yang bertujuan memahami arti perbuatan melanggar norma itu bagi pelakunya sendiri. Disini pelaku akan mencoba melindungi dirinya dengan “citra diri sebagai bukan penjahat” (non-criminal self-image – pelaku korupsi masih dapat tersenyum di muka sorotan televisi). Juga ada teori tentang “techniques of neutralization” (David Matza, 1957) yang serupa, (mungkin) dengan dalil bahwa perbuatannya adalah bermanfaat untuk kepentingan partai politiknya. Kalau mengikuti teori anomie (Durkheim,1952)[8] dan teori subculture (Robert Merton,1957)[9], mungkin dapat diterangkan mengapa “budaya korupsi-politik” ini sukar dihilangkan dari kehidupan politik (karena perbuatan ini dianggap suatu “kebiasaan” dalam sistem dimana terdapat anomie – bila Anda ingin “sesuatu” Anda harus bayar, bila tidak-mau bayar maka Anda tidak akan dapat apa-apa).

Pendapat yang berkembang dalam bidang kriminologi adalah bahwa “kejahatan (baca: pelanggaran norma-sosial) adalah normal dalam suatu masyarakat” dan karena itu tidak mungkin “diberantas habis” . Namun, mengurangi kejahatan itu mungkin, dan salah satu cara untuk mengurangi korupsi-politik adalah dengan memberikan hukuman kepada pelakunya. Namun, patut diingat bahwa hukuman yang berat tidak terbukti akan mengurangi kejahatan. Hukuman yang berat dan tidak proporsional dengan seriusnya kejahatan, hanya akan menimbulkan reaksi timbulnya masyarakat yang punitive (suka menghukum) dan kemudian akan timbul pula peraturan pidana yang tidak manusiawi (draconian laws).

Memiskinkan koruptor
Apakah ini berlaku juga dalam pembicaraan tentang korupsi-politik ? Seperti diuraikan pada awal makalah korupsi-politik dimaksudkan untuk “mempertahankan” atau “memperluas”  kekuasaan politik. Korupsi-politik dilakukan pada waktu atau sebelum dan sesudah pemilu. Pada waktu atau sebelum pemilu dengan “menebar uang atau janji” untuk membeli suara dan setelah pemilu dengan “memenuhi janji” dengan memberikan proyek-proyek pemerintah. Dalam hal pelaku korupsi-politik (pejabat yang terpilih) melakukan transaksi yang mengakibatkan terjadinya bureaucratic corruption, maka hal ini akan “menambah harta kekayaannya”. Inilah yang perlu ditelusuri dan dirampas (memiskinkannya) dengan tujuan agar asas yang sering dikemukakan “crime doesnot pay” akan menjadi kenyataan. Namun, dilema yang perlu diatasi adalah bagaimana “mencari dan merampas” aset bersangkutan. Terbukanya sejumlah “shell companies” melalui kasus “Panama Papers”,[10]dengan pemiliknya sejumlah pejabat tinggi[11],membuktikan bahwa penyimpanan dana dalam offshore companies sebagai salah satu cara money laundering sangat ter-organisasi. Keadaan ini menyebabkan bahwa tidak akan mudah untuk “memiskinkan koruptor” dalam konteks di atas[12]. Para pemilik-asli dana ini (beneficial owners) bersembunyi dibalik para “wakil” atau “kuasa” mereka (nominees), yang sering adalah kantor-kantor para profesional hukum, kenotariatan dan akuntansi.

Penutup
Saya tidak dapat membuat kesimpulan-tuntas atas pertanyaan “ adakah harapan untuk memberantas habis korupsi politik (ataupun korupsi pada umumnya) di Indonesia?” Dalam bahan pustaka yang saya baca sering disebut tentang keberhasilan Lee Kuan Yew membersihkan Singapura dari korupsi (pada tahun 1950-an Singapura masih penuh dengan kelompok-kelompok kriminal yang melakukan pemerasan dan korupsi). Menurut Transparency International (TI), maka Singapura dengan nilai 7, “lebih-tidak-korup” dibanding dengan Amerika Serikat dan Australia. Juga dalam berbagai makalah di Indonesia sering dikemukakan bahwa “bersih”nya Singapura dari korupsi terlihat dari laporan dalam Corruption Perception Index (CPI) yang diterbitkan oleh TI. Dan sebagai perbandingan (dan kritik) tentang “sistemiknya korupsi” di Indonesia, juga dapat dibaca dalam laporan TI. Tetapi dapatkah kita mempercayai CPI ? Karena dalam tulisan di The Global Anticorruption Blog (GAB) dapat pula dibaca bahwa CPI itu “is not a valid, reliable measure of the level of corruption because it is flawed methodologically”[13].
Rujukan di atas hanya dimaksudkan untuk berhati-hati menilai korupsi di Indonesia melalui CPI yang diterbitkan oleh TI. Disamping itu saya tidak yakin kita dapat “memberantas-habis” (eradicate, eliminate) korupsi pada umumnya dan korupsi- politik khususnya di Indonesia. Namun saya percaya, bahwa melalui sistem yang telah dan masih kita bangun untuk menanggulangi segala bentuk korupsi di Indonesia, perilaku ini dapat kita kurangi (can be reduced and controlled but not eliminated). Sekian dan Terima Kasih.-

*Makalah ini telah disampaikan pada 23 Oktober 2019 dalam FGD di
Anti-Corruption Learning Center (ACLC) Komisi Pemberantasan Korupsi RI.

 






[1] Artidjo Alkostar dalam disertasinya di UNDIP (2007). Lihat juga “Korupsi Dalam Sistem Hukum Indonesia” dalam Mardjono Reksodiputro (2009) Menyelaraskan Pembaruan Hukum, Jakarta: KHN-RI, hlm. 147-165.
[2] Heinz-Christian Strache, Deputy Chancellor Austria dan pemimpin partai politik Freedom Party (FPO), tersadap pembicaraannya (sting operation) dengan seorang perempuan Rusia (kerabat seorang Konglomerat Rusia) untuk menguasai sebuah Tabloid Austria “Kronen Zeitung”- Tabloid akan berkampanye mendukung pemilu FPO dan Strache berjanji akan menyalurkan sejumlah proyek pemerintah Austria kepada konglomerat Rusia tersebut.
[3] Pendapat ini adalah sesuai dengan pendekata Bank Dunia yang berpendapat bahwa “corruption is predominantly an economic issue”, karena efeknya kepada “economic growth” and “developmentLihat juga Peter Gabosky “The prevention and control of economic crime” dalam Peter Lamour & Nick Wolanin (Editors) (2001) Corruption and Anti-Corruption, Asia Pacific Press, hlm. 146 -158.
[4] Lihat “Indonesia Butuh Penyederhanaan Kepartaian” dalam Suara Pembaruan,14 Oktober 2019, hlm.6 – Suatu ulasan tentang pendapat Prof.Dr.Valina Singka Subekti , gurubesar ilmu politik UI.
[5] Lihat “Biaya Politik Mahal Suburkan Korupsi” dalam Suara Pembaruan, 10 Oktober 2019, hlm.3 – Suatu ulasan tentang Kepala Daerah Terlibat Korupsi  2004 – 2019, sejumlah 119 pejabat (103 Bupati/Walikota – 16 Gubernur).
[6] Lihat Mardjono Reksodiputro (2007) Kriminologi dan Sistem Peradilan Pidana, Jakarta:Lembaga Kriminologi UI, hlm. 39 - 45
[7] Masalah relatifitas ini sering juga dimunculkan dengan ungkapan “one person’s Bribe is another person’s Gift” dan dapat ditemui terutama dalam “petty corruption” di Indonesia dengan istilah “uang rokok”.
[8] Ketiadaan norma yang jelas tentang “etika berpolitik” dalam memenangkan persaingan politik.
[9] Sub-budaya yang membenarkan perbuatan “korupsi politik” sebagai cara (means) mencapai tujuan (goal.)
[10] Terlibat di kasus ini sebuah kantor hukum Monssach Fonseca di Panama. Kantor hukum ini telah membantu perilaku  Money Laundering dan Tax Evasion, terungkap dari lebih dari 11 juta berkas yang dapat “dicuri”.
[11] Terdapat 12  pemimpin nasional ( a.l. Vladimir Putin, Nawaz Sharif, Ayad Alawi (Iraq), Mubarak (Mesir) dan      143  pelaku/pejabat politik (politician). 
[12] Lihat juga karangan saya “Memiskinkan Koruptor Caranya ?”  dan  “Apakah Kita Serius Memiskinkan Koruptor?”, dalam Mardjono Resodiputro (2013) Perenungan Perjalanan Reformasi Hukum, Jakarta: KHN-RI, hlm. 327-338.
[13] Lihat tulisan prof. Matthew Stephenson (Professor of Law,Harvard Law School) dalam GAB January 29,2019       “A Reminder: Year-to-Year CPI Comparisons for Individual Countries are Meaningless, Misleading and Should Be Avoided”  dan dalam GAB February 7, 2019  Some Good News and Bad News About Transparecy International’s Interpretation of its Latest Corruption Perception Index”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar